Jusuf Kalla “Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi Melenceng dari Asumsi”

Ekonomi / Makro

Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi Melenceng dari Asumsi, Apa Kata Jusuf Kalla?

Senin, 20 April 2015 | 19:48 WIB
TRIBUNNEWS/DANY PERMANAWakil Presiden Jusuf Kalla pada peringatan puncak Hari Guru Nasional di Istora, Senayan, Jakarta, Kamis (27/11/2014).

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pemerintah akan mempercepat penyaluran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk mendorong peningkatan daya beli masyarakat. Ia mengakui adanya perlambatan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2015. Namun, pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi kuartal II akan membaik karena proyek infrastruktur mulai berjalan bulan ini.

“Ya kita harapkan karena baru bulan ini semua proyek-proyek infrastruktur berjalan,” kata Kalla, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Menurut Kalla, masalah perekonomian dunia menjadi faktor perlambatan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I. Melambatnya pertumbuhan ekonomi di negara-negara lain menyebabkan penurunan permintaan dan harga.

“Akibat harga menurun maka pendapatan masyarakat di banyak daerah, di Kalimantan, Sumatera, dan Jawa juga turun sehingga ada penurunan daya beli. Akibat penurunan daya beli, maka pastilah terjadi penurunan pembelian sepeda motor, mobil, rumah, dan pembelian lainnya. Itu namanya melambat,” tutur dia.

Sebelumnya, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara mengatakan bahwa BI memprediksi pertumbuhan ekonomi 2015 melenceng dari asumsi makro yang ditetapkan pemerintah, yakni 5,7 persen. BI memprediksi pertumbuhan ekonomi cenderung berada pada batas bawah, yakni di level 5,4 persen tahun ini. Tekanan eksternal dinilai menjadi salah satu faktor yang mendorong laju pertumbuhan.

Faktor eksternal mengacu pada menurunnya harga minyak dan komoditas lain yang turun signifikan. Meski demikian, Mirza juga menyampaikan masih adanya peluang untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat pada kuartal berikutnya.

Peningkatan bisa saja terjadi asalakn penyaluran anggaran pemerintah untuk proyek infrastruktur bisa terlaksana dengan cepat dan baik.

 


Penulis : Icha Rastika
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Kutipan dari :

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/04/20/194820126/Pertumbuhan.Ekonomi.Diprediksi.Melenceng.dari.Asumsi.Apa.Kata.Jusuf.Kalla.?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

Komentar :

Jusuf Kalla adalah lulusan Sarjana dan salah satu pengusaha yang terbilang terkenal.

Menurut kutipan di atas “Akibat harga menurun maka pendapatan masyarakat di banyak daerah, di Kalimantan, Sumatera, dan Jawa juga turun sehingga ada penurunan daya beli. Akibat penurunan daya beli, maka pastilah terjadi penurunan pembelian sepeda motor, mobil, rumah, dan pembelian lainnya. Itu namanya melambat,” tutur dia.

Dengan anggapan demikian maksudnya Harga Naik maka naik juga Daya Beli Masyarakat? Luar biasa, sebagai pengusaha belajar ekonomi di mana?

 

Advertisements

About Tjoapoetra

Suatu perbuatan yang menguntungkan makhluk lain dan diri sendiri maka perbanyak lakukanlah. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan menguntungkan diri sendiri jangan dilakukan. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan diri sendiri maka hindarilah dan jangan dilakukan. Fav : Bernapaslah dengan Cinta, Bernapaslah dengan Kasih, Bernapaslah dengan Kejujuran. Berjalanlah dengan Kebenaran, Berjalanlah dengan Kedamaian, Berjalanlah dengan Kesetiaan. Berusahalah dengan Giat, Berusahalah yang Terbaik, Berusahalah setiap Waktu. Harapan Semua Makhluk Bahagia, Harapan Semua Makhluk Sejahtera, Harapan Semua Makhluk Terlepas dari Penderitaan Dan Sukses Selalu dalam Kebajikan. Pada Tiap Kehidupan : Lakukanlah yang terbaik untuk kebaikan dalam kebenaran apapun yang terjadi pada diri sendiri. Tetap fokus pada Kebajikan sehingga menciptakan Kedamaian, Kebahagian dan Kesejahteraan bagi semua Makhluk.

Posted on April 20, 2015, in Umum. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: