Makna Persembahan Altar

Makna Persembahan Altar
(dikutip dari buku “
Kisah-Kasih SpiritualBagian 16 –  Wisnu Prakasa“)

Turks and Caicos Islands

Altar melambangkan KeAgungan akan KeBudhaan kita sendiri, sehingga dengan melakukan persembahan altar bearti kita menghormati KeBudhaan kita yang dilambangkan dengan berbagai rupang, gambar dan kitab-kitab suci di atas altar.

Sebagai mahluk yang terlahirkan di alam samsara ini, kita tidak lepas dari kesalahan dan perbuatan buruk di masa lalu.

Sebagai mahluk pembina spiritual, pertama-tama kita harus dapat MENYESALI seluruh kesalahan dan perbuatan buruk dimasa lalu kita. Menyesali kesalahan dan perbuatan buruk bearti kita harus berusaha memahami sebab dan akibatnya dari perbuatan yang telah kita lakukan. Dengan menyesali kesalahan dan perbuatan buruk, berarti kita berani melihat seluruh kekotoran yang ada didalam diri kita sendiri.

Selanjutnya, bila kita sudah benar-benar dapat menyesali segala perbuatan buruk kita di masa lalu, maka kita baru dapat MEMAHAMI seluruh kebodohan dan ketidak-tahuan kita akan perbutan buruk kita yang sesungguhnya,  Hanya dengan memahami kebodohan dan ketidak-tahuan kita, maka selanjutkan kita akan dapat menghindar dari segala kebodohan dan ketidak-tahuan untuk berbuat karma buruk lagi.

Sejujur, bila kita menyesali segala kebodohan dan perbuatan buruk hanya dengan ucapan saja, seperti berjanji untuk tidak melakukan lagi. Apakah kita dapat menjaga janji kita semaksimal mungkin  ?
Ternyata saya banyak melihat para umat yang melanggar janjinya dengan mudahnya, semudah dirinya mengucapkan janjinya.

Sejujur, bila kita menyesali segala kebodohan dan perbuatan buruk hanya dengan pikiran saja, seperti berpikir untuk tidak melakukan lagi. Apakah kita dapat menjaga janji kita semaksimal mungkin  ?
Ternyata saya banyak melihat para umat yang melanggar pikirannya dengan mudahnya, semudah dirinya berubah rencana.

Sejujur, bila kita menyesali segala kebodohan dan perbuatan buruk dengan perbuatan, seperti memberikan persembahan di altar. Hal ini lebih baik lagi, karena setiap saat kita selalu melakukan persembahan altar, dan setiap saat kita melihat pesembahan altar kita. Kita akan menyadari bahwa kita tidak boleh lagi mengotori diri kita seperti halnya kita menjaga kesucian dan keagungan altar kita.

Kutipan dari :

http://www.goldenmother.org/info/Kisah-Kasih/L-M/Makna%20Persembahan%20Altar.htm

Advertisements

About Tjoapoetra

Suatu perbuatan yang menguntungkan makhluk lain dan diri sendiri maka perbanyak lakukanlah. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan menguntungkan diri sendiri jangan dilakukan. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan diri sendiri maka hindarilah dan jangan dilakukan. Fav : Bernapaslah dengan Cinta, Bernapaslah dengan Kasih, Bernapaslah dengan Kejujuran. Berjalanlah dengan Kebenaran, Berjalanlah dengan Kedamaian, Berjalanlah dengan Kesetiaan. Berusahalah dengan Giat, Berusahalah yang Terbaik, Berusahalah setiap Waktu. Harapan Semua Makhluk Bahagia, Harapan Semua Makhluk Sejahtera, Harapan Semua Makhluk Terlepas dari Penderitaan Dan Sukses Selalu dalam Kebajikan. Pada Tiap Kehidupan : Lakukanlah yang terbaik untuk kebaikan dalam kebenaran apapun yang terjadi pada diri sendiri. Tetap fokus pada Kebajikan sehingga menciptakan Kedamaian, Kebahagian dan Kesejahteraan bagi semua Makhluk.

Posted on January 3, 2015, in TAO'ES. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: