Ini Perbandingan Harga BBM Indonesia dengan ASEAN

Ekonomi / Bisnis

Selasa, 18 November 2014 | 10:22 WIB
Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah akhirnya menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi sebesar Rp 2.000 per liter. Harga tersebut berlaku mulai Selasa (18/11/2014). Alhasil, harga BBM bersubsidi dan non subsidi di Indonesia kini termahal di antara negara kawasan Asia Tenggara.

Dengan kenaikan harga premium menjadi Rp 8.500 per liter, harga BBM bersubsidi kita lebih mahal dibandingkan dengan Malaysia. Di Malaysia,  harga bensin RON 95 dan solar diesel saat ini masing-masing sebesar 2,30 ringgit (sekitar Rp 8.400) dan 2,20 ringgit (Rp 8.100) per liter.

Alhasil bensin premium yang memiliki RON 88 di Indonesia lebih mahal dari bensin di Malaysia yang memiliki RON 95. Sedangkan solar di Indonesia relatif lebih murah dari Malaysia. Sedangkan harga BBM non subsidi, yakni Pertamax Plus yang sama-sama memiliki RON 95 masih lebih mahal dari Malaysia. Di Indonesia, harga Pertamax plus per Senin kemarin (17/11/2014) Rp 11.600 per liter.

Juga harga Pertamax yang beroktan 92, lebih mahal dari bensin Malaysia karena masih dijual seharga Rp 10.200 per liter. Padahal oktan bensin ini lebih rendah dari bensin di Malaysia.

Sedangkan bensin di Thailand dan Singapura, masing-masing mengandung oktan 91, 92 dan 95. Berdasarkan catatan Kontan, di Singapura, harga BBM RON 95 saat ini sebesar Rp 19.643 per liter, lebih tinggi dari Pertamax Plus di Indonesia. Dan, harga minyak paling murah di Asia Tenggara ialah Brunei Darussalam dengan  RON 98 seharga BND 0,53 atau Rp 4.100 per liter.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menolak jika harga BBM di Indonesia terlalu mahal. Hitungan Bambang, harga pasar atau harga keekonomian BBM bersubsidi saat ini sebesar Rp 10.000 per liter, karena menghitung rata-rata harga minyak selama setahun.  Alhasil harga BBM bersubsidi bagi Bambang adalah harga yang sesuai pasar. (Benedictus Bina Naratama, Margareta Engge Kharismawati)

baca juga: Pertamina: Harga Keekonomian Premium Rp 8.600


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Erlangga Djumena
Sumber : KONTAN

Kutipan dari :

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/11/18/102239926/Ini.Perbandingan.Harga.BBM.Indonesia.dengan.ASEAN?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

Tambahan :

Berdasarkan Artikel di atas jelas bahwa BBM di Indonesia lebih mahal, apa lagi di bandingkan dengan Premium.

Premium apakah benar RON 88 ? Berapa besar timbal yang di gunakan beserta campuran sehingga menghasilkan Premium. Berapa Harga Pokok dari pembuatan Premium ? Di olah dari apakah Premium ? Apakah dari Minyak mentah langsung ke Premium atau dari Minyak jadi ke Premium ? Kalau minyak jadi dari Minyak jadi apakah yang di olah menjadi Premium ?

Berdasarkan beberapa data bahwa Premium termasuk yang mengakibat Polusi tinggi, berarti lebih bagus menggunakan Pertamas atau Ron 92 -95. Akan mengurangi Polusi dan kerusakan Lingkungan.

Jikalau di Malaysia bisa menjal seharga 9000 an, mengapa di Indonesia lebih mahal ? Adakah aparatur Negara yang bisa menjawab ? Terima kasih.

Advertisements

About Tjoapoetra

Suatu perbuatan yang menguntungkan makhluk lain dan diri sendiri maka perbanyak lakukanlah. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan menguntungkan diri sendiri jangan dilakukan. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan diri sendiri maka hindarilah dan jangan dilakukan. Fav : Bernapaslah dengan Cinta, Bernapaslah dengan Kasih, Bernapaslah dengan Kejujuran. Berjalanlah dengan Kebenaran, Berjalanlah dengan Kedamaian, Berjalanlah dengan Kesetiaan. Berusahalah dengan Giat, Berusahalah yang Terbaik, Berusahalah setiap Waktu. Harapan Semua Makhluk Bahagia, Harapan Semua Makhluk Sejahtera, Harapan Semua Makhluk Terlepas dari Penderitaan Dan Sukses Selalu dalam Kebajikan. Pada Tiap Kehidupan : Lakukanlah yang terbaik untuk kebaikan dalam kebenaran apapun yang terjadi pada diri sendiri. Tetap fokus pada Kebajikan sehingga menciptakan Kedamaian, Kebahagian dan Kesejahteraan bagi semua Makhluk.

Posted on November 18, 2014, in Makalah Gov. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: