“Jika Terbukti Mafia MIgas, Petral Bisa Dibubarkan”

Ekonomi / Makro

Senin, 17 November 2014 | 12:47 WIB
SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Polemik pembubaran usaha PT Pertamina (persero) PT Petral masih menjadi isu yang bergulir di pemerintahan saat ini. Meski presiden Joko Widodo (Jokowi) tak ingin membubarkan Petral, namun banyak pihak yang menilai fungsi Petral merugikan negara sebagai penyalur BBM impor ke dalam negeri.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan, jika Petral terbukti ikut melakukan kegiatan mafia migas, maka pihak pemerintah akan membubarkan anak usaha Pertamina yang berada di Singapura itu.

“Jika ada temuan Petral menjadi wadah yang memperluas praktik mafia migas, maka lembaga ini bisa saja dirombak total atau malah dilikuidasi,” ujar Sudirman di kantor Kementerian ESDM, Minggu (16/11/2014).

Dengan penegasan tersebut, Sudirman menyatakan Kementerian ESDM akan terus mengeluarkan kebijakan, regulasi, dan program kerja baru. Hal tersebut untuk mendobrak berbagai kebuntuan di sektor migas.

“Pemerintah akan mendobrak dari jebakan yang menghalangi upaya Indonesia mewujudkan kedaulatan energi,” ungkap Sudirman.

Dengan adanya Komite Tata Kelola Migas yang diketuai Faisal Basri, pemerintah berharap juga mendapat rekomendasi terkait kelembagaan di sektor migas. Dalam hal ini akan ada perombakan dan pengawasan di tubuh SKK Migas sesuai rekomendasi dari Komite Tata Kelola Migas.

“Kelembagaan SKK Migas harus sesuai dengan konstitusi dan dapat diandalkan untuk mempercepat kedaulatan energi,” papar Sudirman. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

baca juga: Jadi Ketua Tim, Faisal Basri Berharap Bisa Ubah “Kutukan” Menjadi Berkah


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Erlangga Djumena
Sumber : Tribunnews.com

 

Kutipan dari :

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/11/17/124700026/.Jika.Terbukti.Mafia.MIgas.Petral.Bisa.Dibubarkan.?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

Bebas Mafia Minyak

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/11/17/124025626/Yakin.Bebas.Mafia.ConocoPhillips.Dukung.Komite.Reformasi.Tata.Kelola.Migas?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

Tambahan :

Dari kemarin bahas Mafia minyak? Seperti apa contohnya dan apakah yang terjadi di Indonesia. Terima kasih jika ada yang memberi contoh dengan besar Produksi Barrel Minyak di Indonesia di seluruh Kilang.

 

Advertisements

About Tjoapoetra

Suatu perbuatan yang menguntungkan makhluk lain dan diri sendiri maka perbanyak lakukanlah. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan menguntungkan diri sendiri jangan dilakukan. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan diri sendiri maka hindarilah dan jangan dilakukan. Fav : Bernapaslah dengan Cinta, Bernapaslah dengan Kasih, Bernapaslah dengan Kejujuran. Berjalanlah dengan Kebenaran, Berjalanlah dengan Kedamaian, Berjalanlah dengan Kesetiaan. Berusahalah dengan Giat, Berusahalah yang Terbaik, Berusahalah setiap Waktu. Harapan Semua Makhluk Bahagia, Harapan Semua Makhluk Sejahtera, Harapan Semua Makhluk Terlepas dari Penderitaan Dan Sukses Selalu dalam Kebajikan. Pada Tiap Kehidupan : Lakukanlah yang terbaik untuk kebaikan dalam kebenaran apapun yang terjadi pada diri sendiri. Tetap fokus pada Kebajikan sehingga menciptakan Kedamaian, Kebahagian dan Kesejahteraan bagi semua Makhluk.

Posted on November 17, 2014, in Makalah Gov. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Faisal Basri Ditunjuk Sebagai Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas
    http://palingaktual.com/1196332/faisal-basri-ditunjuk-sebagai-ketua-tim-reformasi-tata-kelola-migas/read/

    Target Produksi Minyak Sulit Tercapai
    http://bisnis.liputan6.com/read/2134723/target-produksi-minyak-sulit-tercapai

    Faisal Basri
    http://id.wikipedia.org/wiki/Faisal_Basri

    KOMENTAR
    Harapan ada di Faisal Basri yang bisa menjawab :

    Berapa banyakkah Kilang/Rig di Indonesia dan berapa Barrel/Hrs/Kilang untuk produksi Minyak tersebut ?

    Apakah Produksi di Kilang minyak tidak langsung di proses menjadi minyak jadi Ron 92, 94, Solar Diesel dan Avtur?

    Berapakah Imbal hasil dari MOU yang di tanda tangani oleh pemerintah pada tiap Kilang Minyak.

    Jika berdasarkan Imbal hasil berarti Pemerintah Indonesia tidak mengeluarkan biaya, malah mendapat BBM tersebut dengan cara yang sesuai MOU.

    Apakah ada biaya yang di keluarkan pemerintah selain Transportasi?

    Ekonomi bisa maju dengan keterbukaan tanpa rahasia karena pemerintahan yang bersih adalah pemerintahan yang terbuka dan menjawab semua pertanyaan Warga Negaranya dimana tiap warga Negara mempunyai Hak bertanya untuk belajar dan mengetahui.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: