Keinginan Adalah Sumber Awal Karma

Keinginan Adalah Sumber Awal Karma
(dikutip dari buku “Kisah-Kasih Spiritual –  Wisnu Prakasa“)

10626598_10152398772528994_2446915222119303382_n

Keinginan adalah sumber awal karma,
maka semakin terpaksa melakukan suatu perbuatan,
maka akan semakin kecil karma yang dihasilkan.

Jika seseorang terpaksa melakukan perbuatan buruk, maka semakin kecil karma buruk yang dihasilkan dari perbuatannya. Demikian pula sebaliknya, bila seseorang terpaksa melakukan perbuatan baik, maka semakin kecil pula karma baik yang dihasilkan dari perbuatannya.

Jika seseorang terpaksa berbohong demi kebaikan seluruh mahluk, maka karma buruknya akan lebih ringan dibanding seseorang yang berbohong demi keuntungan dirinya. *

Walau seseorang banyak berderma tetapi demi nama baiknya, maka karma baiknya juga akan lebih kecil dibanding dengan seseorang yang berderma kecil tanpa kepentingan dirinya.

Walau seseorang banyak memberikan persembahan besar di depan altar Budha, tetapi bila pikirannya penuh dengan berbagai keinginan-keinginan, maka karma baiknya juga akan lebih kecil dibanding dengan seseorang yang memberikan persembahan kecil di depan altar dengan rasa syukur dan iklas.

Kutipan dari :

http://www.goldenmother.org/info/Kisah-Kasih/K/Keinginan%20Adalah%20Sumber%20Awal%20Karma.htm

* Tambahan :

Apakah yang di namakan berbohong untuk kebaikan seluruh Makhluk, tolong di telaah lebih jauh.

Sekali berbohong akan mengakibatkan sakit yang berkepanjangan dan menyembunyikan sesuatu yang tidak sepantasnya, tidak ada berbohong demi kebaikan. Segala sesuatu harus sejujur-jujurnya dengan penjelasan yang mudah dan dapat di mengerti.

Berbohong merupakan awal sumber dari segala kejahatan.

Advertisements

About Tjoapoetra

Suatu perbuatan yang menguntungkan makhluk lain dan diri sendiri maka perbanyak lakukanlah. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan menguntungkan diri sendiri jangan dilakukan. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan diri sendiri maka hindarilah dan jangan dilakukan. Fav : Bernapaslah dengan Cinta, Bernapaslah dengan Kasih, Bernapaslah dengan Kejujuran. Berjalanlah dengan Kebenaran, Berjalanlah dengan Kedamaian, Berjalanlah dengan Kesetiaan. Berusahalah dengan Giat, Berusahalah yang Terbaik, Berusahalah setiap Waktu. Harapan Semua Makhluk Bahagia, Harapan Semua Makhluk Sejahtera, Harapan Semua Makhluk Terlepas dari Penderitaan Dan Sukses Selalu dalam Kebajikan. Pada Tiap Kehidupan : Lakukanlah yang terbaik untuk kebaikan dalam kebenaran apapun yang terjadi pada diri sendiri. Tetap fokus pada Kebajikan sehingga menciptakan Kedamaian, Kebahagian dan Kesejahteraan bagi semua Makhluk.

Posted on October 28, 2014, in TAO'ES. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: