SUTRA BHAISAJYAGURU BUDDHA

SUTRA BHAISAJYAGURU BUDDHA

BHAISAJYAGURU BUDDHA

BHAISAJYAGURU BUDDHA


YAO SHI FO atau BHAISAJYAGURU BUDDHA , adalah salah satu Buddha dari masa yang paling awal , Beliau dikenal sebagai Buddha yang mengepalai firdaus di wilayah timur yang disebut SPHATIKA , yang berarti kristal air atau LIU LU .Sebab itu dalam bahasa Tionghoa disebut YAO SHI LIU LI GUANG FO , ahli dalam menyembuhkan penyakit , banyak yang telah memperoleh berkah kesembuhan secara ajaib. Selain memberikan kesembuhan , Buddha ini juga dapat menghindarkan malapetaka , dan memberkati kemakmuran .

Sejak Dinasti Jin ( 312 – 420 M ) , sutra Buddha pengobatan ini ” BHAISAJYA GURU SUTRA ” telah diterjemahkan dalam bahasa Tionghoa, karya terjemahan yang paling terkenal dan masih dibaca adalah terjemahan MAHATHERA XUAN ZANG pada Dinasti Tang . Waktu itu dikenal dengan nama BHAISAJYA GURU VAIDURYA PRABHASA TATHAGATA atau SUTRA DARI GURU PENYEMBUHAN .

Kecuali penyembuhan , perlindungan dari petaka , YAO SHI FO juga memberikan berkah panjang umur dan membantu arwah2 menuju Nirwana setelah orangnya meninggal dunia . Biasanya altarnya ditempatkan di YAO SHI TIAN ( ruang pemujaan YAO SHI FO ) , rupangnya didampingi YUE GUANG PU SA dan RI GUANG PU SA , bertiga disebut ” tiga bijak dari Timur ” , YAO SHI FO biasa memegang mangkuk obat dan pagoda .

Waktu masih dalam tingkat Boddhisattva , YAO SHI pernah mengucapkan 12 janji agung untuk membebaskan makhluk hidup dari belenggu Karma, berjanji akan mengawasi dan membimbing mereka menuju kesempurnaan . Memperteguh kepercayaan pada diri sendiri , menyadarkan mereka dari jeratan ajaran sesat .

Di Klenteng TAI KAK SIE , rupang SEJIAMONI FO , AMITHABA FO DAN YAOSHI FO ditampilkan bersama dengan sebutan SAN PAO FO atau BUDDHA TRI RATNA . susunan ini disebut BUDDHA DARI TIGA WILAYAH , SEJIAMONI FO di tengah mewakili dunia ” SAHA ” , yaitu dunia dimana kita hidup sekarang , AMITHABA FO mewakili wilayah barat dimana surga SUKHAVATI berada, sedang YAO SHI FO mewakili wilayah timur tempat firdaus SPHATIKA .

Hari ulang tahun tgl 30 bulan 9 imlek

— with Ratna Devi and Suzume Mei.

Advertisements

About Tjoapoetra

Suatu perbuatan yang menguntungkan makhluk lain dan diri sendiri maka perbanyak lakukanlah. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan menguntungkan diri sendiri jangan dilakukan. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan diri sendiri maka hindarilah dan jangan dilakukan. Fav : Bernapaslah dengan Cinta, Bernapaslah dengan Kasih, Bernapaslah dengan Kejujuran. Berjalanlah dengan Kebenaran, Berjalanlah dengan Kedamaian, Berjalanlah dengan Kesetiaan. Berusahalah dengan Giat, Berusahalah yang Terbaik, Berusahalah setiap Waktu. Harapan Semua Makhluk Bahagia, Harapan Semua Makhluk Sejahtera, Harapan Semua Makhluk Terlepas dari Penderitaan Dan Sukses Selalu dalam Kebajikan. Pada Tiap Kehidupan : Lakukanlah yang terbaik untuk kebaikan dalam kebenaran apapun yang terjadi pada diri sendiri. Tetap fokus pada Kebajikan sehingga menciptakan Kedamaian, Kebahagian dan Kesejahteraan bagi semua Makhluk.

Posted on October 23, 2014, in Pelajaran Boeddha - Hynddhoe, TAO'ES. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: