Duet cantik kerajaan Laut Selatan, Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul

Duet cantik kerajaan Laut Selatan, Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul

Duet cantik kerajaan Laut Selatan, Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul

 

MERDEKA.COM. Kecantikan putri Ratna Sawiji membuat banyak lelaki tertarik dan ingin meminangnya sebagai istri. Sayangnya, Ratna lebih memilih bertapa dan rela diusir oleh ayahnya, Raja Pajajaran dari pada harus menikah.

Setelah bertapa dan bertemu dengan Dewa, Ratna kemudian menjelma menjadi Ratu Kidul yang menguasai kerajaan Laut Kidul. Dalam menjalankan kerajaannya, Ratu Kidul dibantu oleh Nyi Roro Kidul.

Sama seperti Ratu Kidul, Nyi Roro Kidul juga dikenal sebagai sosok yang cantik. Bahkan dalam berbagai ilustrasi, Nyi Roro Kidul digambarkan sebagai wanita bertubuh putih dengan paras cantik dan pakai berwarna hijau.

Menurut juru kunci Cepuri Parangkusumo, Mas Surakso Rajiyo Hadihusna atau yang akrab disapa Nur, kedua wanita cantik tersebut adalah pemegang kendali Laut Selatan. Ratu Kidul sebagai ratu di kerajaan, sementara Nyi Roro Kidul sebagai ajudan yang membantu Ratu Kidul menjalankan pemerintahannya.

“Dulunya, Nyi Roro Kidul sudah ada sebelum Ratu Kidul, karena Nyi Roro Kidul itu bangsa jin, dan Ratu Kidul manusia, jadi Ratu Kidul yang menjadi Ratu. Tapi dalam pemerintahan, Nyi Roro Kidul tetap membantu Ratu Kidul,” jelas Nur.

Dalam kerjanya, Nyi Roro Kidul lah yang bersinggungan dengan dunia luar kerajaan laut selatan. Itulah yang menyebabkan Nyi Roro Kidul lebih dikenal.

“Ibarat dalam pemerintahan Indonesia, Presiden tidak sembarangan menemui orang, tapi ada orang lain yang ditugasi untuk bertemu. Tidak sembarang orang bisa menemui,” tuturnya.

Mengamini hal tersebut, Pamungkas, salah seorang penganut Kejawen mengatakan bahwa Nyi Roro Kidul merupakan menteri luar negeri kerajaan Laut Kidul.

“Nyi Roro Kidul itu menteri luar negeri kerajaan Laut Selatan. Ratunya ya Ratu Kidul,” katanya pada merdeka.com beberapa waktu lalu.

Kutipan dari :

https://id.berita.yahoo.com/duet-cantik-kerajaan-laut-selatan-ratu-kidul-dan-044100708.html

Sedikit tambahan informasi, pernah mendengar bahwa dahulu di Laut Selatan itu yang ada 4 adalah :

Nyo sebagai Raja, Nyi Kidul, Nyi Roro Kidul dsan Ratu Kidul (Istri dari Nyo) yang merupakan pendiri dari Sam Poo Kong, Nyai Roro dan masih banyak anggota lain.

Baca juga :

https://indocropcircles.wordpress.com/2011/10/11/misteri-relief-wanita-di-obor-api-tugu-monas/

Advertisements

About Tjoapoetra

Suatu perbuatan yang menguntungkan makhluk lain dan diri sendiri maka perbanyak lakukanlah. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan menguntungkan diri sendiri jangan dilakukan. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan diri sendiri maka hindarilah dan jangan dilakukan. Fav : Bernapaslah dengan Cinta, Bernapaslah dengan Kasih, Bernapaslah dengan Kejujuran. Berjalanlah dengan Kebenaran, Berjalanlah dengan Kedamaian, Berjalanlah dengan Kesetiaan. Berusahalah dengan Giat, Berusahalah yang Terbaik, Berusahalah setiap Waktu. Harapan Semua Makhluk Bahagia, Harapan Semua Makhluk Sejahtera, Harapan Semua Makhluk Terlepas dari Penderitaan Dan Sukses Selalu dalam Kebajikan. Pada Tiap Kehidupan : Lakukanlah yang terbaik untuk kebaikan dalam kebenaran apapun yang terjadi pada diri sendiri. Tetap fokus pada Kebajikan sehingga menciptakan Kedamaian, Kebahagian dan Kesejahteraan bagi semua Makhluk.

Posted on September 29, 2014, in Communiz - Sam Poo Kong - Catholic, Christien, Pantecostal - Izlam (malzI) - NaZi - Tzu Chi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: