Berkumpul Bersama

Berkumpul Bersama
(dikutip dari buku “
Kisah-Kasih Spiritual –  Wisnu Prakasa“)

1426151_622558127787956_774680168_n

Suatu persekutuan sangha yang baik bilamana para umat sedharma dapat berkumpul bersama untuk membina dan membagi pengalaman untuk saling membimbing dalam kehidupan spiritual. Persekutuan sangha ini bagaikan pertalian saudara spiritual yang akan berlanjut terus di kehidupan yang akan datang hingga mencapai Kesempurnaan Sejati.

Walaupun telah berkumpul bersama dalam satu persekutuan sangha, tetapi sangat disayangkan para umat masih saja dipengaruhi oleh keinginan pikirannya. Masing-masing umat mempunyai tujuan yang berbeda karena mereka tetap dipengaruhi oleh rasa egois, sombong, dan iri-hati. Mereka tidak sadar telah terbawa arus lain sehingga lupa akan makna persekutuan dan kehidupan dalam sangha yang sebenarnya.

Para umat berkumpul lalu tanpa disadari cenderungan untuk membicarakan tentang orang lain. Dengan membawa topic yang hanya berkisar tentang keburukan orang lain, secara tidak langsung telah menimbulkan rasa benci dan antipati didalam diri.

Apa artinya berpuja bhakti selama 2 jam, tetapi membicarakan orang lain lebih dari 2 jam. Lebih baik berpuja-bhakti selama 1 menit, dan tidak membicarakan orang lain.

Bukankah lebih baik bila dapat melakukan puja bhakti 1 menit ini sebanyak 120 kali. Tetap saya tetap mengingatkan, bahwa yang sangat terbaik tentu berpuja bhakti selama 2 jam, tanpa membicarakan hal lain yang tidak membina.

Pahamilah bahwa pembinaan spiritual tidak hanya sebatas disaat berpuja-bhakti, tetapi pembinaan spiritual yang sesungguh adalah setiap saat, kapan saja dan dimana saja.

Kutipan dari :

http://www.goldenmother.org/info/Kisah-Kasih/B/Berkumpul%20Bersama.htm

Advertisements

About Tjoapoetra

Suatu perbuatan yang menguntungkan makhluk lain dan diri sendiri maka perbanyak lakukanlah. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan menguntungkan diri sendiri jangan dilakukan. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan diri sendiri maka hindarilah dan jangan dilakukan. Fav : Bernapaslah dengan Cinta, Bernapaslah dengan Kasih, Bernapaslah dengan Kejujuran. Berjalanlah dengan Kebenaran, Berjalanlah dengan Kedamaian, Berjalanlah dengan Kesetiaan. Berusahalah dengan Giat, Berusahalah yang Terbaik, Berusahalah setiap Waktu. Harapan Semua Makhluk Bahagia, Harapan Semua Makhluk Sejahtera, Harapan Semua Makhluk Terlepas dari Penderitaan Dan Sukses Selalu dalam Kebajikan. Pada Tiap Kehidupan : Lakukanlah yang terbaik untuk kebaikan dalam kebenaran apapun yang terjadi pada diri sendiri. Tetap fokus pada Kebajikan sehingga menciptakan Kedamaian, Kebahagian dan Kesejahteraan bagi semua Makhluk.

Posted on July 12, 2014, in TAO'ES. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: