Aspek Kebijaksanaan

Aspek Kebijaksanaan
(dikutip dari buku “Kisah-Kasih Spiritual Bagian 7 – oleh: Wisnu Prakasa”)

1376370_655491067816239_810883103_n

Kebijaksanaan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan spiritual. Dimana para pembina kehidupan spiritual membutuhkan penghayatan kebijaksanaan untuk memahami kebenaran sejati.

Para pembina kehidupan spiritual membutuh kebijaksanaan lebih dalam mengembangkan belas kasih dan membedakan antara baik dan buruk. Mereka memahami bahwa belas kasih tanpa kebijaksanaa bagaikan menyebarkan garam kelaut, yang akhirnya hanya menjadi perbuatan yang sia-sia.

Dalam berinteraksi dengan keadaan dan kondisi luar, para pembina spiritual kadang sulit untuk membedakan yang baik dan yang buruk.

Tetapi para pembina spiritual yang telah mencapai tingkat master sejati, tidak lagi terikat dengan perbuatan baik dan buruk. Dimana perbuatan para Master Tao sejati selalu sesuai dengan keserasian alam sehingga segala perbuatannya tidak lagi menimbulkan kebaikan atau keburukan.

Bagaikan seekor kumbang yang mengambil sari bunga dari sekuntum bunga, kita tidak dapat mengatakan bahwa kumbang tersebut mencuri sari bunga atau bunga tersebut dengan kecantikannya telah merayu sang kumbang untuk mengambil sarinya. Keduanya masing-masing berbuat sesuai dengan keserasian alam, sehingga semua sebab-akibat ini tidak lagi menimbulkan kebaikan atau keburukan. Perbuatan yang tidak lagi menimbulkan kebaikan dan keburukan, adalah perbuatan yang terbebaskan dari karma.

Alam tidak pernah menimbul kebaikan atau keburukan. Para master Tao sejati sejak awal pencapaian telah memahaminya. Dimana para master Tao sejati tindakannya selalu selaras dengan alam, dan ini hanya dapat dilakukan dengan kesadaran yang jernih dan tanpa kemelekatan pikiran.

Jika segala tindakan para master Tao sejati yang selaras dengan alam dan telah terbebaskan dari segala kebaikan dan keburukan. Apakah kebijaksanaan masih diperlukan ?

Kutipan dari :

http://www.goldenmother.org/info/Kisah-Kasih/A/Aspek%20Kebijaksanaan.htm

Advertisements

About Tjoapoetra

Suatu perbuatan yang menguntungkan makhluk lain dan diri sendiri maka perbanyak lakukanlah. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan menguntungkan diri sendiri jangan dilakukan. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan diri sendiri maka hindarilah dan jangan dilakukan. Fav : Bernapaslah dengan Cinta, Bernapaslah dengan Kasih, Bernapaslah dengan Kejujuran. Berjalanlah dengan Kebenaran, Berjalanlah dengan Kedamaian, Berjalanlah dengan Kesetiaan. Berusahalah dengan Giat, Berusahalah yang Terbaik, Berusahalah setiap Waktu. Harapan Semua Makhluk Bahagia, Harapan Semua Makhluk Sejahtera, Harapan Semua Makhluk Terlepas dari Penderitaan Dan Sukses Selalu dalam Kebajikan. Pada Tiap Kehidupan : Lakukanlah yang terbaik untuk kebaikan dalam kebenaran apapun yang terjadi pada diri sendiri. Tetap fokus pada Kebajikan sehingga menciptakan Kedamaian, Kebahagian dan Kesejahteraan bagi semua Makhluk.

Posted on July 4, 2014, in TAO'ES. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: