6 Paramita

6 Paramita

 

409752_10151194463887076_358700262_n

Dana — memberi, amal, membantu.
Merupakan aspek yang sangat penting dan berhubungan erat dalam pembinaan Dharma. Dana merupakan dasar dalam melenyapkan penderitaan dan menimbulkan kebahagian. Dana juga merupakan ungkapan dari cinta kasih dan ketidak egoan, yang merupakan jalan kehidupan Bodhisattva.
Ada 4 Macam Dana:
– Memberi bantuan materi, seperti: Sandang dan Pangan.
– Memberi Ajaran Dharma.
– Memberi Cinta Kasih dan Perkataan Baik.
– Membuat kehidupan yang harmoni didalam Dharma.

 

Sila — Pandangan Moral dalam kehidupan.
Dalam kehidupan umat, diharuskan untuk mencegah 5 macam perbuatan:
– Membunuh untuk kesenangan, hobby, keisengan.
– Mengambil apa yang bukan miliknya.
– Berkata yang tidak benar.
– Memakan atau minum zat yang melemahkan kesadarannya.
– Berbuat asusila.

Ksanti — Kesabaran, Memaafkan, tidak memaksa.
Dalam kehidupan sehari-hari, ksanti dapat dilakukan dengan menghormati seluruh mahluk. Dalam pembinaan spiritual, ksanti merupakan suatu jalan untuk membina Welas Asih (Bodhiscitta).

Virya – Usaha,
Virya yang utama dalam pembinaan spiritual, adalah usaha untuk mengalahkan rasa Marah, Serakah, Iri, Benci, Keinginan, dan Kebodohan dalam diri. Dalam kehidupan sehari-hari, Virya merupakan suatu tindakan untuk melakukan suatu Kebaikan bagi sesama mahluk.

Dhayana – Meditasi
Dhayana merupakan dasar pembinaan spiritual yang sangat penting. Dengan pembinaan Dhayana, maka para umat akan dapat memahami alamiah Jati Diri yang sesungguhnya. Dalam kehidupan sehari-hari, Dhayana merupakan suatu usaha untuk selalu memiliki Pandangan dan Pikiran Benar.

Prajna – Kebijaksanaan
Prajna membutuhkan pengetahuan yang luas, tetapi Prajna bukan tergantung dari pengetahuan itu sendiri, karena Prajna merupakan suatu kemampuan untuk dapat memahami Kebenaran yang sesungguhnya.

 

Kutipan dari :

http://www.goldenmother.org/info/Kisah-Kasih/00/6%20Paramita.htm

Advertisements

About Tjoapoetra

Suatu perbuatan yang menguntungkan makhluk lain dan diri sendiri maka perbanyak lakukanlah. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan menguntungkan diri sendiri jangan dilakukan. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan diri sendiri maka hindarilah dan jangan dilakukan. Fav : Bernapaslah dengan Cinta, Bernapaslah dengan Kasih, Bernapaslah dengan Kejujuran. Berjalanlah dengan Kebenaran, Berjalanlah dengan Kedamaian, Berjalanlah dengan Kesetiaan. Berusahalah dengan Giat, Berusahalah yang Terbaik, Berusahalah setiap Waktu. Harapan Semua Makhluk Bahagia, Harapan Semua Makhluk Sejahtera, Harapan Semua Makhluk Terlepas dari Penderitaan Dan Sukses Selalu dalam Kebajikan. Pada Tiap Kehidupan : Lakukanlah yang terbaik untuk kebaikan dalam kebenaran apapun yang terjadi pada diri sendiri. Tetap fokus pada Kebajikan sehingga menciptakan Kedamaian, Kebahagian dan Kesejahteraan bagi semua Makhluk.

Posted on June 25, 2014, in TAO'ES. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: