Vihara Sejati Yang Sebenarnya

Vihara Sejati Yang Sebenarnya
(dikutip dari buku “Kisah-Kasih Spiritual –  Wisnu Prakasa“)

62316_1442347302651668_1314470992_n

Membangun vihara sebagai tempat Budha Dharma dan Sangha, dan dapat membantu dan membimbing para mahluk dari yang kurang baik jadi lebih baik, dari baik jadi lebih baik lagi. Vihara yang di bangun, tidak akan memilih dan mengundang umat yang baik, dan melarang dan tidak menerima umat yang tidak baik, atau sebaliknya. Dengan demikian, Vihara selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh umatnya tanpa perbedaan.

Selanjutnya dalam pembinaan spiritual, kita harus dapat pula membangun vihara sejati yang sebenarnya. Vihara sejati ini bukan sebatas bentuk vihara yang kita bangun dalam bentuk bangunan gedung. Vihara sejati ini adalah vihara yang harus kita bangun dengan fondasi pembinaan spiritual.

Vihara Spiritual yang sebenarnya ini adalah Tubuh, Ucapan, dan Kesadaran sendiri. Dimana Kesadaran sebagai Budha, Ucapan sebagai Dharma, dan Tubuh sebagai Sangha. Sebagai pembina spiritual, yang setiap hari melatih Tubuh, Ucapan, dan Kesadaran dalam kehidupan sehari-hari, sesungguhnya mereka telah membangun vihara spiritual yang sebenarnya dalam diri. Sehingga setiap saat dan dimana saja, mereka selalu menjadi satu kesatuan didalam Budha-Dharma-dan Sangha.

Seperti halnya vihara-vihara yang ada diluar tubuh, yang selalu memberikan pelayanan welas asih untuk membantu dan membimbing para umat tanpa perbedaan.

Demikian pula vihara spiritual dalam diri, sehingga Tubuh, Ucapan, dan Kesadaran kita harus selalu sesuai dengan gambaran welas asih yaitu membantu para mahluk dari yang kurang baik jadi lebih baik, dari baik jadi lebih baik lagi tanpa harus membedakan.

Sehingga, orang-orang  yang telah berbuat kebaikan disekitar kita, akan kita layani dengan baik. Demikian pula orang-orang yang berbuat kurang baik, akan kita layani lebih baik lagi. Sehingga yang telah baik menjadi lebih baik, dan yang kurang baik akan menjadi baik. Inilah jalan pembinaan para mahluk spiritual yang telah memiliki Vihara Sejati dalam diri.

Kutipan dari :

http://www.goldenmother.org/info/Kisah-Kasih/T-Y/Vihara%20Sejati%20Yang%20Sebenarnya.htm

Advertisements

About Tjoapoetra

Suatu perbuatan yang menguntungkan makhluk lain dan diri sendiri maka perbanyak lakukanlah. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan menguntungkan diri sendiri jangan dilakukan. Suatu perbuatan yang merugikan makhluk lain dan diri sendiri maka hindarilah dan jangan dilakukan. Fav : Bernapaslah dengan Cinta, Bernapaslah dengan Kasih, Bernapaslah dengan Kejujuran. Berjalanlah dengan Kebenaran, Berjalanlah dengan Kedamaian, Berjalanlah dengan Kesetiaan. Berusahalah dengan Giat, Berusahalah yang Terbaik, Berusahalah setiap Waktu. Harapan Semua Makhluk Bahagia, Harapan Semua Makhluk Sejahtera, Harapan Semua Makhluk Terlepas dari Penderitaan Dan Sukses Selalu dalam Kebajikan. Pada Tiap Kehidupan : Lakukanlah yang terbaik untuk kebaikan dalam kebenaran apapun yang terjadi pada diri sendiri. Tetap fokus pada Kebajikan sehingga menciptakan Kedamaian, Kebahagian dan Kesejahteraan bagi semua Makhluk.

Posted on June 21, 2014, in TAO'ES. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: